New Media


NEW MEDIA IN EVERYDAY LIFE
(New Media dalam kehidupan sehari-hari)

Ø Pengertian New Media

        New Media atau biasa disebut dengan media baru merupakan sebuah termenologi untk menjelaskan konvergense antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat mempresentasikan media baru adalah internet. Namun program televisi,film,majalah,buku,surat kabar dan jenis media cetak lain tidak termasuk media baru.

        New Media sebenarnya merupakan bentuk jamak dari kata medium yang berasal dari bahasa latin. Namaun jika di lihat dari sudut pandang harfiah, media mempunyai arti perantara atau pengantar. Dan pengertian secara umum menyimpulkan bahwa media itu adalah segala sesuatu  yang dapat menyalurkan informasi(perantara) dari sumber informasi kepadaa penerimaan informasi yakni kita-kita ini.

        Berpegangan pada pengertian itu kita tahu bahwa tanpa media kita menjadi buta akan informasi dan dari situlah muncul mafaat media yag begitu kompleks dan luas yaitu memudahkan seseorang untuk mendapatkan sesuatu dan bukan hanya informasi tetpai yang kita cari tanpa perlu repot lagi. Media juga mengantarkan taraf hidup manusia manjadi lebeih mudah. Media juga tak bisa lepas dari peran teknologi yang maju saat ini, tanpa teknologi media takan berarti apa-apa.

Ø Manfaat Internet dalam keseharian

        Dengan adanya internet, aktivitas manusia seakan-akan berjalan dengan sangat mudah dan transparan.  Di dalam internet hampir seluruh aktivitas dapat di lakukan.  Ingin bekerja mencari uang, e-commerce sudah mulai berkembang dengan baik sekarang ini. Ingin mencari teman baik teman lama ataupun baru, banyak situs jejaring sosial saat ini yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat untuk mmenjalin pertemanan. Apabila kita ingin mencari informasi tetang sesuatu, browser-browser memberikan jawaban lengkap. Masih banyak hal lain yang dpaat kita temukan dan semuanya itu ada di dalam internet.

        Bahkan dalam perkembangan jaman yang sangat pesat ini, media cetak ataupun elektronik  seperti koran, televisi, majalah dll sudah bisa kita lihat kapan saja dan di mana saja dengan sebuah HP yang bertipe smart phone, bisa juga dengan tablet ataupun gadget-gadget yang canggih pada jaman sekarang. Segala aktivitas itu dapat kita lakukan dengan sangat mudah dan cepat bahkan semua itu bisa di lakukan di dalam rumah.

Di bawah ini beberapa jenis media baru di dalam komunikasi antara lain :
*      Video New Release        : berisi new stories biasanya di gunaka untuk produk kesehatan, teknologi, travel dll
*      Satellite Media Tour       : media dimana seseorang dapat di wawancarai secara langsung oleh stasiun televisi di seluruh tempat yang di inginkan.
*      E-SMT                                  : dilakukan dengan menggunakan internet sebagai media salurannya.
*      Webcast                              : sebuah bentuk dari produksi melalui video streaming dan audio.
*      Blogs atau Web Log        : media yang dapat menyebarkan berita, humor, kritik, dan opini dengan begpitu cepat sehingga banyak pertisi komunikasi yang menggunakan media ini sebagai sarana evaluasi kinerjanya.
*      E-mail                                   : tempat dimana pengguna internet dapat mengirimkan sebuah data atau pesan kepada pengguna internet lainnya.

Ø Kesimpulannya :

       Dari penjelasan di atas di simpulkan bahwa New media adalah sebuah istilah yang menggambarkan tentang suatu keadaan dimana segala bentuk teknologi hampir beberbentuk digital dan internet hampir memegang peranan penting di dalamnya dengan adanya new media semuanya akan  terasa lebih singkat dan dapat mengambil seluruh aspek wawasan dalam dunia teknologi.


sumber: 
http://kapita-fikom-915080084.blogspot.com/2011/05/media-baru-dalam-komunikasi.html
http://privateorpublish.blogspot.com/2012/10/penjelasan-new-media-dan-manfaatnya.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Danu mengatakan...

sangat membantu sekali, terimakasih informasinya.
visit us

Posting Komentar