Dengan kemajuan zaman, teknologi berkembang pesat. Banyak
peneliti menciptakan dan mengembangkan teknologi yang canggih. Teknologi
sendiri menurut Dictionary Of Science adalah penerapan pengetahuan teoritis
terhadap masalah-masalah praktis. Teknologi adalah hasil pemikiran manusia
dengan dasar-dasar teori ilmu pengetahuan yang sudah ada untuk menangani
masalah tentang mempermudah suatu pekerjaan atau hal apapun.
Banyak teknologi yang sudah diciptakan saat ini,
salah satunya adalah komputer. Hampir setiap hari masyarakat di dunia
menggunakan komputer, karena komputer mempunyai bermacam-macam fasilitas.
Komputer merupakan salah satu perangkat penting untuk mengakses internet.
Internet merupakan suatu jaringan tingkat global yang
menghubungkan suatu komputer dengan komputer yang lain diseluruh dunia. DI
zaman modern ini, banyak masyarakat yang sudah mengenal internet. Dengan
internet kita dapat memperoleh informasi, berkomunikasi, bahkan untuk bermain
dengan para pengguna internet lain diseluruh dunia. Perbandingan penggunaan
internet antara daerah perkotaan dan pedesaan, lebih banyak dijumpai didaerah
perkotaan. hal tersebut dikarenakan masyarakat perkotaan lebih mudah menerima
hal-hal yang baru sedangkan di desa tidak.
Akhir-akhir ini, internet sudah mulai memasuki
ppergaulan remaja. Situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, path, dan
lain-lain, sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Begitu pula dengan game online.
Game yang memiliki system online dengan menggunakan internet ini, sangat
diminati para remaja. Bahkan diantaranya mereka ada yang menginap di warnet dan
meninggalkan pelajaran di sekolah. Hal ini tentunya sangat mengganggu
pelajaran.
Dengan adanya game online tersebut, banyak orang tua
yang mengeluh karena banyak perubahan yang terjadi pada anak mereka, terutama
pada sektor pendidikan. Banyak para pelajar yang prestasinya menurun setelah
menyentuh game online.
Di dalam sebuah penelitian yang dilakukan, didapatkan
suatu fakta baru bahwa dampak yang ditimbulkan game online adalah dampak jangka
panjang. Siswa yang telah lama bermain game online merasakan bahwa mereka
mengalami penurunan prestasi belajar di sekolah. Sedangkan siswa yang baru
bermain game online, tidak merasa mengalami perubahan yang berarti terhadap
prestasi belajar mereka di sekolah. Hal ini dikarenakan siswa yang bermain game
online baru merasakan perubahan yang terjadi pada diri mereka setelah 1-2 tahun
bermain game online. Dan dai hasil wawancara yang dilakukan peniliti, 70% siswa
yang telah merasakan dampak jangka panjang tersebut mulai mencoba untuk
berhenti bermain game online.
Terdapat dampak positif dan negatif dari bermain game
online. Hanya terdapat sedikit dampak positif yang dirasakan oleh siswa yang
bermain game online. Dan sebaliknya, terdapat banyak dampak negatif yang
dirasakan siswa yang bermain game online. Hal ini di dukung dari hasil
penelitian yang dilakukan.
Didapatkan bahwa persentase untuk dampak positif
sebanyak 20%. Walau tak banyak, akan tetapi game online tetap memiliki beberapa
dampak positif bagi para pemainnya. Di antaranya, game online dapat
menghilangkan rasa jenuh siswa yang diakibatkan padatnya jadwal sekolah. Game
Online pun dapat menghilangkan stres para siswa yang ditimbulkan dari banyaknya
tugas-tugas sekolah. Dan bermain game online dapat menimbulkan rasa senang
pemain game online.
Sedangkan, hampir 80% banyak dampak negatif yang
dirasakan oleh pemain game online. Dari 80% dampak negatif, banyak yang
berhubungan dengan kegiatan belajar dan prestasi mereka. Peneliti menemukan
bahwa banyak siswa yang terganggu jadwal belajarnya di rumah karena terlalu
sering bermain game online. Dan dari 20 siswa yang telah kami wawancarai, 75%
mereka mengatakan bahwa jadwal belajar mereka menjadi terganggu karena kesukaan
mereka bermain game online.
Tidak hanya jadwal belajar di rumah saja yang
terganggu. Kegiatan belajar di sekolah pun ikut terganggu. Banyak pemain game
online menghabiskan banyak sekali waktu utnuk bermain game online. Dari 20
siswa, waktu yang paling sebentar untuk bermain game online adalah sekitar 3-4
jam. Dan yang paling banyak menghabiskan waktu adalah pemain game online yang
dapat hingga menginap di warnet untuk bermain game online. Waktu yang banyak
tersita seperti itu menyebabkan waktu untuk beristirahat pun berkurang, dan
membuat para siswa menjadi letih pada saat di sekolah, sehinggga kegiatan
belajar menjadi tidak efektif.Dampak Positif dan Negatif Teknologi Game
Terhadap Anak
Ø Dampak
Positif
- Anak- anak dapat menggunakan perangkat lunak, pengetahuan dasar tentang teknologi game.
- Membuat anak semakin terhibur.
- Dapat menambah link pertemanan, karena mereka akan berinteraksi dengan orang-orang di luar rumah ketika mereka harus bermain game secara online di warnet.
- Banyak game edukasi yang bisa merangsang perkembangan otak anak.
- Game membantu melatih konsentrasi dan imajinas
Ø Dampak
Negatif
- Anak-anak bisa kecanduan terhadap games, terutama game online.
- Game terlalu berlebihan dapat menggantikan kegiatan fisik dan memengaruhi perkembangan mental anak-anak.
- Lupa waktu bila keasyikan bermain game.
- Mengurangi sifat sosial dengan orang tua, karena lebih sering bermain game daripada berkumpul dengan keluarga.
Lalu bagaimana peran serta orang tua agar anak-anak
tidak terjerumus kepada hal-hal negatif yang ditimbulkan dari permainan game.
Tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati, game
yang memiliki sifat candu dapat membuat
anak-anak yang seharusnya bisa menempatkan antara waktu belajar dengan
bermain tidak dapat memenej waktu mereka, tentunya orang berperan penting
terhadap perkembangan anak baik di dalam rumah maupun di luat rumah.
Ø Ada
beberapa hal yang harus dilakukan orang tua, diantaranya :
- Orang tua bekerja keras dalam memantau perkembangan dan perilaku anak.
- Menjalin komunikasi informal pada anak agar seorang anak tersebut bisa terbuka pada orang tua, sehingga orang tua bisa memberikan pendidikan pada seorang anak akan dampak negatif dari games.
- Untuk para orang tua belajarlah tentang games edukasi dan memperkenalkannya kepada orang tua, mana yang cocok dan mana yang tidak cocok games untuk anak.
- Orang tua harus memberikan waktu khusus untuk bermain game, dan beri ketegasan pada anak tersebut untuk tidak bermain di luar waktu yang sudah disepakati.
- Memberikan perhatian dan mendampingi mereka. Terutama kebiasaan nge-game pada anak usia di bawah lima tahun. Hal yang paling di anjurkan terhadap orang tua adalah sebaiknya mereka menyediakan fasilitas game untuk anak mereka di rumah agar kita bisa memonitor mereka
Sumber :
http://www.parenting.co.id/article/mode/pengaruh.perkembangan.teknologi.pada.anak/001/003/1041
http://valentinefebi.blogspot.com/2013/11/pengaruh-game-online-terhadap-prestasi.html
0 komentar:
Posting Komentar