TUGAS 1 ISD

Tugas 1 ISD
Pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilakan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat pengetahuan di antaranya: kemampuan akademis, kemampuan profesinal, dan kemampuan personal. Sebutkan ketiga kemampuan tersebut dan jelaskan dengan contoh-contohnya.

Ø Kemampuan Akademis : Suatu Kemampuan untuk melakukan komunikasi, baik lisan maupun tulisan secara ilmiah, mempunyai kemampuan konsepsional untuk mengenali suatu masalah yang sedang dihadapi serta merumuskan masalah tersebut, dan mempunyai alternatif pemecahanya serta harus mampu menguasai peralatan analisis, dan berfikir logis, kritis sistematis, serta analitis.
ü Contoh:
Seorang mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan belajar, berusaha untuk memahami serta menguasai suatu materi yang diberikan oleh Dosenya, untuk menjadi bekal atau modal untuk memperoleh pengetahuan yang lebih luas dan kompleks lagi, maka hal tersebut dapat dikatakan sebagai kemampuan akademis.
Ø Kemampuan Profesional : Suatu Kemampuan dalam bidang profesi yang dimiliki seseorang tenanga ahli. Dengan adanya Kemampuan ini diharapkan paara tenaga ahli memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi serta didukung dengan skill yang baik dalam bidang profesinya.
ü Contoh:
Seorang supervisor produksi di perusahaan otomotif, bekerja untuk memotivator setiap karyawan untuk berdispilin dan bertanggung jawab dalam jobdesknya masing-masing. Tidak memandang dia saudara , teman , maupun atasannya sendiri, guna untuk meninggkatkan produksi yang sudah di targetkan dalam perusahaan tersebut.maka hal tersebut dapat di katakan kemampuan professional.

Ø Kemampuan Personal : Suatu kemapuan Kepribadian.Dengan kemampuan ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukan sikap, tingkah laku dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenali nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, dan, dan kenegaraan, serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang di hadapi oleh masyarakat Indonesia.
ü Contoh:
Dalam pekerjaan apapun, kreativitas juga diperlukan. Dalam hal ini berpikir inovatif dan imajinatif. Tak sekedar khayalan tetapi juga bisa dipraktekkan, sehingga bukan sekedar mengeluarkan ide saja. Apalagi jika Anda bisa membuktikan karya Anda tersebut dapat menguntungkan perusahaan, tentunya mempunyai nilai tambah tersendiri bagi penilaian Anda. Jangan pernah merendahkan kemampuan Anda membuat penyelesaian dari suatu masalah. Jika Anda disodorkan masalah atau proyek, tunjukan kalau Anda bisa membuat solusi yang efektif dan sederhana. Jangan takut jika gagal, karena setidaknya Anda telah menunjukkan kalau Anda telah berusaha.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar