TUGAS 3 ISD

Tugas 3
Perspektif perilaku menyatakan bahwa perilaku sosial kita paling baik dijelaskan melalui perilaku yang secara langsung dapat diamati dan lingkungan yang menyebabkan perilakku kita berubah. Perbedaan utama dalam perspektif perilaku meletakkan struktur sosial (makro) sebagai perilaku sosial individu, sedangkan sebagian lebih memandang individu (mikro) merupakan agen yang aktif dalam membentuk perilakunya sendiri.
Coba Anda buatlah beberapa contoh perilaku dalam struktur makro dan mikro, baik peran anda dalam masyarakat atau berdasarkan pengamatan yang ada di sekitar lingkungan kehidupan.

Pengertian Struktur Sosial (Makro)
Istilah struktur berasal dari kata structum (bahasa Latin) yang berarti menyusun. Dengan demikian, struktur sosial memiliki arti susunan masyarakat. Adapun penggunaan konsep struktur sosial tampaknya beragam. Walaupun demikian, kita dapat memberikan batasan-batasan melalui beberapa definisi struktur sosial menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

a. Menurut Radclife-Brown, struktur sosial adalah suatu rangkaian kompleks dari relasi-relasi sosial yang berwujud dalam suatu masyarakat. Dengan demikian, struktur sosial meliputi relasi sosial di antara para individu dan perbedaan individu dan kelas sosial menurut peranan sosial mereka.

b. Menurut Raymond Firth, konsep struktur sosial merupakan analytical tool atau alat analisis yang diwujudkan untuk membantu pemahaman tentang tingkah laku manusia dalam kehidupan sosial.
Dari definisi-definisi diatas dapat kita simpulkan bahwa struktur sosial ialah relasi-relasi sosial yang penting dalam menentukan tingkah laku manusia.

Contoh :seseorang yang tumbuh dan  tinggal di sebuah lingkungan yang semua masyarakatnya  atau semua individu di dalamnya mempunyai aktivitas seperti berjudi,seks bebas,mencuri dll. Tanpa disadari seseorang  tersebut akan ikut terjerumus di dalamnya.

Struktur Mikro
Perspektif mikro menjelaskan bahwa sumber sumber motivasional perilaku manusia bukan berada dalam dirinya melainkan berada pada nilai nilai yang di hargai dan disediakan oleh struktur sosial masyarakat dimana individu itu hidup.

Contoh: individu yang berada di sebuah masyarakat karna dalam hal tertentu dia ingin membuat sebuah organisasi tertentu yang bersifat sementara, dalam hal ini seseorang yang membuat organisasi  pengangulangan korban bencana tsunami di aceh, dia akan mengumpulkan para relawan yang mempunyai tujuan yang sama yaitu membantu orang-orang yan menjadi korban di aceh.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar