TUGAS 2 ISD

TUGAS 2

Dalam kehidupan kita kenal ada tiga karakter dan lingkungan yang dimiliki oleh manusia, yaitu individu, keluarga, dan masyarakat.Berikanlah sebuah pemahaman dari tiga tipe pola kehidupan dan jelaskan pula contoh-contoh dari masing-masing kehidupan tersebut. 

INDIVIDU

Individu adalah unit terkecil dalam pembentukan sebuah masyarakat. Individu akan membuat lingkungannya sendiri sesuai dengan yang dia kehendaki dan ang sedang dia pikirkan. Pada dasarnya, setiap individu memiliki ciri-ciri yang berbeda. Individu yang saling bergabung akan membentuk kelompok atau masyarakat. Individu tersebut akan memiliki karakteristik yang sama dengan kelompok dimana dirinya bergabung. 

Contoh : karakter individu dalam kehidupan salah satunya adalah individu yang bisa menempatkan dirinya pada lingkungan kehidupannya yang ada pada saat ini. Dan tidak terpungkiri bahwa setiap individu akan bersaing dengan invidu yang lain untuk mencapai tujuan yang sama. 

KELUARGA

Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta "kulawarga". Kata kula berarti "ras" dan warga yang berarti "anggota".

Menurut Ki Hajar Dewantara sebagai tokoh pendidikan berpendapat bahwa keluarga adalah kumpulan beberapa orang yang karena terikat oleh satu turunan lalu mengerti dan merasa berdiri sebagai satu gabungan yang hakiki, esensial, enak dan berkehendak bersama-sama memperteguh gabungan itu untuk memuliakan masing-masing anggotanya.

sedangkan Sigmund Freud keluarga itu terbentuk karena adanya perkawinan pria dan wanita. Bahwa menurut beliau keluarga merupakan manifestasi daripada dorongan seksual sehingga landasan keluarga itu adalah kehidupan seksual suami isteri.

Dhurkeim berpendapat bahwa keluarga adalah lembaga sosial sebagai hasil faktor-faktor politik, ekonomi dan lingkungan.

Keluarga adalah unit satuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat.Dalam ilmu sosial individu merupakan bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Umpama keluarga sebagai kelompok sosial yang terkecil terdiri dari ayah, ibu dan anak. Ayah merupakan individu yang sudah tidak dapat dibagi lagi, demikian pula Ibu. Anak masih dapat dibagi sebab dalam suatu keluarga jumlah anak dapat lebih dari satu. 

Contoh: seorang anak yang mematuhi perintah orangtuanya,dimana setiap keluarga mempunyai aturan-aturan tersendiri di dalam keluarga dan harus dipatuhi oleh setiap anggota keluarga. 

MASYARAKAT
Pengertian Masyarakat ialah sekumpulan individu yang berkumpul untuk berinteraksi  didalam satu lingkup ruang lingkungan. Agar antara individu dengan individu yang lain saling berkomunikasi dalam lingkungan/ kelompok individu.

Contoh:Seseorang ketika sedang  berada  di kantor, maka ia akan berkomunikasi dan bersosialisasi dengan rekan-rekan kerjanya. Sedangkan rekan-rekannya dan pimpinannya mempunyai peran yang sangat besar untuk menentukan apakah ia akan jadi seorang yang rajin atau pemalas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar