PENDUDUK DAN PERMASALAHAN



    Permasalahan yang di hadapi penduduk saat ini adalah dinamika penduduk, yang menunjukan faktor perubahan adanya unsure yaitu lahir,mati,datang,dan pergi dari penduduk.dinamika penduduk yang menunjukan kelahiran adalah ancaman terbesar dengan kata lain bertambahnya populasi manusia dengan adanya kelahiran adalah ancaman terbesar yang menjadi masalah penduduk indonesia dan bahkan masalah penduduk dunia. 

    Setiap orang memerlukan energi, lahan dan sumber daya yang besar untuk bertahan hidup. Apabila populasi manusia bisa bertahan pada taraf yang ideal, maka keseimbangan antara lingkungan dan regenerasi populasi manusia dapat tercapai. Tetapi pada kenyataannya adalah populasi manusia bertumbuh lebih cepat dari kemampuan bumi dan lingkungan kita untuk memperbaiki sumber daya yang ada sehingga pada akhirnya kemampuan bumi akan terlampaui dan berimbas pada kualitas hidup manusia yang rendah.
    Di indonesia sendiri pemeritah sudah mencanangkan sistem KB(keluarga berencana) kepada masyarakat untuk mengurangi tingginya laju pertumbuhan populasi manusia yang terjadi di indonesia .karena dengan tingginya laju pertumbuhan populasi manusia, maka jumlah kebutuhan makanan pun meningkat padahal lahan yang ada sangat terbatas.selain itu bertambahnya penduduk di perkotaan sebagai akibat urbanisasi juga menjadi masalah yang terjadi pada penduduk di perkotaan, yang mengakibatkan memburuknya lingkungan hidup di daerah perkotaan sebagai akibat kepadatan penduduk. 

    Urbanisasi terjadi karana didaerah perkotaan mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat pedesaan sebagai contoh bekerja di daerah prekotaan lebih menggiurkan ketimbang di daerah pedesaan yang lebih sulit untuk mencari pekerjaan. Karna hal itulah masyarakat pedesaan lebih memilih daerah perkotaan dan kepadatan penduduk yang terjadi di daerah perkotaan menyababkan polusi udara,air,dan tanah sampai jauh melewati batas. Untuk menanggulangi hal itu pemerintah harus membangun daerah-daerah pedesaan agar mempunyai lapangan pekerjaan yng setimpal dengan jumlah masyarakatnya selain itu juga memerbaiki fasilitas-fasilitas yang ada di pedesaan seperti  listrik dan akses jalan yang layak.

Sumber:

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar