KEHIDUPAN KOTA

Seiring berjalanya waktu dan kehidupan sekarang yang serba modern, kota besar dengan berbagai fasilitas dan lapangan perkerjaan yang menjanjikan. Menjadi daya tarik tersendiri bagi bagi seluruh elemen masyarakat terutama masyarakat pedesaan, karna hal itulah mereka berbondong-bondong pergi ke kota dengan alasan mencari pekerjaan yang layak untuk memperbaiki taraf hidupnya. padahal kalau kita lihat untuk mendapatkan perkerjaan di kota itu sangatlah sulit,  kalau tidak mempunyai skill dan hanya mengandal kan nasib untuk hidup di kota. karna itulah di butuhkan orang-orang yang memiliki keammpuan yang mumpuni untuk bersaing di di daerah perkotaan.

Selain itu semakin padatnya penduduk perkotaan mengakibatkan struktur kota menjadi sempit. Akibatnya sering terjadi banjir karena pencemaran air, polusi udara karena banyaknya kendaraan, dan tindak kejahatan yang tinggi karena peluang mendapatkan pekerjaan semakin kecil.Kemudian akibat persaingan yang tinggi di daerah perkotaan, hubungan sosial yang terjadi didaerah perkotaan menjadi kurang baik. Dan menurut Halbert mengatakan bahwa kota menganjrkan hubungan impersonal daripada hubungan personal. 

Selanjutnya kalau kita lihat suasana kehidupan di daerah perkotaan, Selalu identik dengan kemacetan itulah ciri utama kehidupan kota. Kehidupan yang selalu berkecimpung didalam perbisnisan. Hal tersebut disebabkan oleh semakin banyaknya kendaraan yang ada di kota dan semakin banyaknya warga dari desa yang migrasi ke kota. Banyak hal yang dilakukan pemerintah untuk mencega hal tersebut namun masih tetap saja terjadi. Selain kemacetan yang terjadi kita juga bisa lihat rumah-rumah penduduk yang salng berhimpitan karna terbatasnya lahan-lahan luas di perkotaan 

Berikut adalah beberapa ciri kehidupan kota:.
      Ciri-ciri kehidupan kota:
  1. Memiliki kesibukan yang sangat padat.
  2. Memiliki ekonomi yang berkecukupan.
  3. kurang menghargai kebersamaan.
  4. bersifat individu
  5. kurang bergaul dengan tetangga terdekat.
  6. kurang memiliki rasa solidaritas dan gotong-ronyong.
  7. sangat menghargai waktu karena bagi mereka waktu adalah uang.
  8. Cara berpikir dan bertindak warga kota tampak lebih rasional dan berprinsip ekonomi.
  9. Masyarakat kota lebih mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan sosial disebabkan adanya keterbukaan terhadap pengaruh luar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar