TUGAS ILMU BUDAYA DASAR 6


GAMBARAN KEADILAN HUKUM DI INDONESIA
 
Hukum  adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan. dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana, hukum pidana yang berupayakan cara negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum, perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan di mana mereka yang akan dipilih.

Nilai-nilai Hukum di indonesia bisa kita sebut juga peraturan-peraturan, dimana praturan tersebut di buat untuk di patuhi oleh siapapun orang yang berada di indonesia etrutama masyarakat indonesia. Hukum di indonesia di buat sebagai landasan masyarakat indonesia agar menciptakan masyarakat yang adil dan makmur, setiap peraturan hukum di indonesia ada yang disertai dengan hukuman. Dimana setiap orang yang melanggar akan menerima sangsi yang sudah tertulis dalam hukum tersebut.

Dari penjelasan diatas kita telah mendiskripsikan sedikit tentang hukum yang ada di indonesia, sekarang kita akan meceritakan sedikit gambaran tentang hukum di indonesia. hukum di indonesia terkadang tidak sesuai dengan porsinya, Maksudnya adalah pelanggaran yang dibuat seseorang terkadang tidak sesuai dengan hukuman nya, kenapa begitu??? Kalau kita lihat kenyataan nya adalah hukuman di indonesia ternyata bisa dibeli dengan uang.

Contoh:
  • Di gumelar, seorang mencuri 3 biji kakao untuk bibit dihukum percobaan satu setengah bulan. Padahal untuk makan saja meraka sulit, apalagi harus bolak-balik ke Purwokerto yang menghabiskan banyak biaya hanya untuk mengurus proses hukum yang tidak jelas.
  •  Di kediri, mencuri satu semangka karena kehausan diancam hukuman 5 tahun penjara. Bonus dua gigi patah dan babak belur bahkan diancam dengan senjata api padahal mereka tidak melawan.
Sedangkan kalau kita bandingkan degan para koruptor yang mencuri uang rakyat dengan nominal yang tidak sebanding dengan apa  yang dilakukan 2 orang diatas, hukumannya malah lebih ringan karena mereka bisa membeli hukum dengan uang ditambah lagi fasilitas yang mereka dapatkan di dalam tahanan berbeda dengan orang2 biasa. Contohnya adalah gayus tambunan yang bisa bepergian selama dalam masa tahanan itu karena dia punya uang untuk membeli hukum.

contoh di atas adalah sedikit gambaran tentang hukum yang ada di indonesia, hukum yang tidak adil bagi beberapa orang yang menjalaninya, setiap orang yang ada di indonesia hanya menharapkan keadilan dalam penegakan hukum yang ada di indonesia. Mungkin itu sedikit pengetahuan yang saya tetang gambaran hukum yang ada di indonesia, semoga bermaanfaat dan maaf kalau ada kesalahan dalam pembuatan artikel ini.

sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Hukum
http://blog.rawins.com/2009/11/gambaran-hukum-indonesia.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar