TUGAS ILMU BUDAYA DASAR 8


MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibanya.sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa inddonesia adlah berkewajiban menanggung,memikul jawab,menanggung segala sesuataunya,atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Tanggung jawab adalah salah st ciri manusia beradab(berbudaya). Manusia itu berjuang memnuhi keperluanya sendiri atau untuk keperluan pihak lain, untuk itu ia menghadapai manusia lain dalam masyarakat atau menghadapi lingkungan alam. Karna itu tanggungjawab dapat dibedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuatnya. Dan atas dasar ini, lalu dikenal beberapa jenis tanggung jawab yaitu:

1)Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri muncul(ada) pada setiap orang, tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.

2)Tanggung jawab terhadap keluarga


Keluarga dalam kehidupan seseorang merupakan masyarakat kecil, dan tiap anggota di dalamnya wajib bertanggung jawab kepda keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga, termasuk kesejahteraan,keselamatan,pendidikan dan kehidupan

3)Tanggung jawab terhadap masyarakat

Pada hakekatnya manusia adlah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Karna itu tanggung jawab terhadap manusia lain di dalam masyarakat untuk saling membantu itu sangat penting.

4)Tanggung jawab terhadap bangsa/negara

Suatu kenyataan, bahwa setiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir dan bertindak terikat oleh norma-norma yang di buat oleh negara, oleh karena itu jika seseorang melakukan kesalahan(pelanggaran) maka ia harus bertanggung kepada negara.

5)Tanggung jawab terhadap tuhan

Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlan tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya menusia mempunyai tanggng jawab langsung terhadap tuhan.

>>>PENGABDIAN DAN PENGORBANAN
Wujud dari tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian dan pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepntingan manusia itu sendiri.

  • PENGABDIAN
Pengabdian adalah pebuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.dan pengabdian itu pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab.
  • PENGORBANAN
Pengorbanan bisa di bilang pemebrian untuk menyatakan kebaktian. dengan demkian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih.
Pengorbanan dapat berupa harta benda, pikiran, perasaan, bahkan dapat juga berupa jiwanya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

rini novianti mengatakan...

vTerima kasih, artikel yang menarik~ informasinya bermanfaat, please check this web
Kunjungi IT Telkom Jakarta:
Website Kami
Website Kami
thankyou...

Posting Komentar