Pemodelan Geometris untuk menciptakan model matematika dari
objek 2D dan 3D. 2 Dimensi (2D) merupakan bentuk dari benda yang mempunyai
panjang dan lebar sedangkan 3 Dimensi (3D) merupakan bentuk dari benda yang
mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
Transformasi dari konsep ke model geometris yang bisa
ditampilkan pada komputer :
- shape
- posisi
- cara pandang
- ciri-ciri permukaan
- ciri-ciri volume
- pencahayaan
Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
*) jala-jala segi banyak : segi bersudut banyak yang
dihubungkan satu sama lain
*) bentuk permukaan bebas : menggunakan fungsi polynomial
tingkat rendah
*) CSG : membuat bentuk dengan menerapkan operasi boolean
pada bentuk primitf
Elemen-elemen pembentuk grafik geometri :
- titik
- garis
- polygon
- kurva
- lingkaran
Elemen-elemen pembentuk grafik warna :
1. Sistem visual manusia
2. Kubus warna RGB (sistem koordinat R,G,B sebagai axes)
>> R = Red, G = Green, B = Blue
3. Model warna C,M,Y
4, True Color
5. Indexed color
6. High Color
Teknik Geometris secara :
1. The Hack
2. The Good
3. Splines
4. Implicit Surfaces
5. Subdivision Surfaces
6. The Gracefully Degraded
0 komentar:
Posting Komentar