ANALISA WEBSITE LIPUTAN6.COM DENGAN ALEXA RANK



Pengertian tentang alexa rank menurut arti secara lebih rinci yaitu : ALEXA adalah nama situs yang memberikan berbagai informasi mengenai kualitas situs lain ataupun website maupun blog, dan RANK berarti ranking atau peringkat. Jadi ALEXA RANK adalah proses penilaian mengenai kualitas suatu situs web atau blog yang dilakukan oleh situs alexa.com berdasarkan tolak ukur tertentu seperti jumlah trafik pengunjung maupun kualitas kontennya.

Bagaimana Alexa mengetahui traffic atau kunjungan suatu blog atau website?
Infomasi mengenai traffic atau kunjungan yan di dapat alexa berasal dari toolbar alexa yang dipasang oleh jutaan komputer oleh pengguna internet. Oleh karena itu ada baiknya jika ingin alexa rank anda cepat running pasanglah alexa toolbar. Dari toolbar tersebut kita dapat mengetahui ranking suatu blog atau website.

Cara Kerja Penilaian Alexa Rank     
Untuk cara penilaian rank dilakukan dari tersebar hingga terkeci, semakin kecil maka semakin bagus.Namun beda halnya dengan Page Rank, penilaian dilakukan dari terkecil hingga terbesar, semakin besar maka semakin bagus. Alexa rank akan mengecil apabila traffic atau penayangan suatu blog meningkat atau konstan. Sebaliknya jika jumlah traffic atau kunjungan berkurang maka nilai alexa rank pun akan membengkak.

Penilaian juga dilakukan berdasarkan jumlah links in suatu blog, semakin banyak maka akan semakin cepat alexa rank ramping. Link In adalah backlink yang didapatkan suatu blog.

Seberapa Penting Alexa Rank
Alexa Rank bisa dibilang peting dan tidak penting tergantung website atau blog apa yang anda kelola. Akan menjadi penting apabila blog atau website yang anda kelola digunakan sebagai ladang mencari uang melalui internet atau untuk melihat seberapa banyak pengunjung yang berkunjung pada website anda. Kondisi akan terbalik atau tidak penting apabila blog atau website yang anda kelola hanya sebagai media tulis menulis saja.


Dibawah ini saya akan mengecek rank salah satu situs yang ada di indonesia yaitu liputan6.com. kita tahu kalau liputan6 adalah salah satu portal berita online yang ada di indonesia, yang di dalamnya menyajikan berbagai macam berita nasional maupun internasional.



Pada Gambar diatas menunjukan kalau liputan6 adalah website dengan urutan ke 421 di dunia, dan urutan ke 13 di indonesia .


Sedangkan gambar diatas menjelaskan 3 point utama yang menampilkan pesentase keterlibatan pengunjung dengan website liputan6.


Pada Gambar diatas menunjukan persentase pencarian website dengan menggunakan keyword.


Terakhir, pada gambar diatas menunjukan siapa saja yang mengakses atau mengunjungi website liputan6. Dapat dilihat dari segi Gender, Education dan Browsing Location. 


Sekian pebahasan tentang alexa rank, dari mulai pengertian alexa rank, seberapa penting rank terhadap website atau blog dan terakhir melakukan analisa terhadap situs liputan6. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Referensi:
http://eyangjbrtogel.mywapblog.com/apa-arti-alexa-rank-dan-apa-manfaat-atau.xhtml
http://kang-mousir.blogspot.com/2014/05/mengenal-dan-memahami-apa-itu-alexa-rank.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar