TUGAS 3 Pemrograman Jaringan- Install Dan Konfigurasi FTP Server(VSFTP)


INSTALL DAN KONFIGURASI FTP SERVER (VSFTP) PADA UBUNTU SERVER

Nama Kelompok :            Agung Arifiyanto(50411325)
                                        Kemas Nur Alam(53411925)
                                        James Olander(53411778)
                                        Muhammad Qodriana (54411924)
                                        Dana Christiadi(51411702)
 


FTP merupakan salah satu protocol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan dan pengunggahan berkas-berkas computer antara klient FTP dan server FTP. Sebuah klient FTP merupakan aplikasi yang dapat menguluarkan perinta-perintah FTP kesebuah server FTP, sementara server FTP adalah Windows Service atau deamon yang berjalan diatas sebuah computer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, mengunggah berkas computer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.


Pada tugas kali ini kita akan mencoba untuk mebuat FTP server pada server ubuntu.




1.  Langkah yang harus dilakukan untuk perama kali adalah Instalasi paket/aplikasi yang dibutuhkan. Adapun aplikasi/ paket yag dibutuhkan untuk membuat FTP server adalah vstp, selanjutnya adalah meng-install paket vsftp, dengan cara mengetikan sintax sperti gambar di bawah ini pada terminal.
 
 
2.       Langkah selanjutnya adalah menunggu proses installasi paket selesai dilakukan.dan pastikan tidak ada error pada saat penginstalan paket.



3.     Setelah proses installasi selesai, kemudian lakukan konfigurasi pada file vsftpd.conf.  ketik sintaks  vim etc/vsftp.conf.
  

 
4.       Ubah beberapa settingan yang terdapat pada anonymous_enable, local_enable dan write_enable menjadi “YES”. Sebagai contoh perhatikan gambar dibawah ini.



5.     Pada langkah selanjutnya adalah save setingan sebelumnya, kemudian lakukan restart pada service ftp tersebut.



6.   Setelah semua proses selesai dilakukan. Untuk menguji apakah ftp berfungsi, buatlah sebuah folder penyimpanan untuk dishare pada ftp server, secara default folder public untuk ftp server ada dalam directori /srv/ftp. Untuk melakukan pengetesan kita buat satu buah direktori file seperti gambar dibawah ini :





7.  Terakhir adalah mengakses ip ftp server dari computer klien. Pada gambar dibawah ini klien menggunakan windows OS, kemudian pada browser ketik ftp://ip_ftp_server.





Sekian pembahasan tentang tutorial konfigurasi ftp server pada ubuntu server. Semoga tutorial diatas dapat membantu dalam konfigurasi ftp. 

Referensi :
ilmukomputer.org

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar